Tuesday, June 19, 2007

Jembatan Suramadu


Jembatan Suramadu adalah cita-cita & impian. Sebuah perjalanan penuh cerita. Mulai dari ide Prof Soedyatmo pada tahun 1960 hingga awal pelaksanaan 2003. Suramadu kelak diharapkan dapat mengukir sejarah baru dalam perkembangan transportasi di Indonesia, karena untuk pertama kalinya dibangun jembatan yang menghubungkan dua pulau, sekaligus menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Menghubungkan Surabaya di Jawa dan Bangkalan di Madura, jembatan sepanjang 5,4 km ini menjadi titik balik perubahan bagi Madura; Meningkatkan perekonomian Madura yang tertinggal dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur.

sumber:
Buku JEMBATAN SURAMADU Membentang mimpi menggapai obsesi
http://www.suramadu.com/

1 comments:

Anonymous said...

Masukan perbaikan:

Jembatan SuraMadu, bila selesai, dengan panjang 5,438 km bakal menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dan kemungkinan nomor 43 terpanjang di dunia.

Jembatan SuraMadu, terdiri atas causeway, jembatan pendekat, dan bentang tengah. Causeway berjenis I-Beam Girder 36 bentang (sisi surabaya) + 45 bentang (sisi madura) masing - masing 40m, sedang jembatan pendekat berjenis Box Girder 2 x 7 bentang 80m. Meski girder dengan bentang 80m ini tampaknya bakal menjadi terpanjang di Indonesia, tapi sebetulnya biasa saja. Yang istimewa bentang tengah yang berjenis cable-stayed mempunyai tiga bentangan (192+434+192), dengan bentang utama 434m, akan menjadi bentang cable-stayed terpanjang di Indonesia dan kemungkinan nomor 34 terpanjang di dunia.

Pada saat ini jembatan yang fenomenal di Indonesia adalah Rangkaian Jembatan Barelang terdiri dari enam jembatan, yang terpanjang Jembatan Tengku Fisabilillah (antara pulau Batam dan pulau Tonton) dengan panjang 642 m berjenis "cable-stayed bridge" mempunyai dua bentangan, dengan bentang utama 350m, saat ini menjadi bentang cable-stayed terpanjang di Indonesia dan nomor 70 terpanjang di dunia (nomor 1 adalah jembatan Tatara di Jepang dengan bentang utama 890 m) sedang Jembatan Barelang (antara pulau Rempang dan pulau Galang) dengan panjang 385 m berjenis "arch bridge" dengan bentang utama 245 m, saat ini menjadi bentang arch terpanjang di Indonesia dan nomor 47 terpanjang di dunia (nomor 1 adalah Jembatan Lupu di Cina dengan bentang utama 550 m). Jembatan lainnya juga fenomenal.

http://en.wikipedia.org/wiki/Causeway
http://en.wikipedia.org/wiki/Girder_bridge
http://en.wikipedia.org/wiki/Cable-stayed_bridge
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_bridges_by_length
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_largest_cable-stayed_bridges
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_the_largest_arch_bridges
http://en.wikipedia.org/wiki/Tatara_Bridge
http://en.wikipedia.org/wiki/Lupu_Bridge

Namun sangat disayangkan, Jembatan SuraMadu (dan juga Jembatan Barelang) dirancang tanpa jalur Kereta Api. Ini memang hasil rancangan ketika para pengambil kebijakan belum "sadar" bahwa Sistem Angkutan Umum Massal yang mesti jadi inti sistem angkutan.

Bisa dibayangkan sebuah pemandangan kemacetan lalu lintas ditengah laut selat Madura pada puncak arus mudik Lebaran tahun 2010. Setelah itu, pemerintah bakal bingung bagaimana mengatasinya, karena jembatan tidak bisa dilebarkan lagi :-)